Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

kakzepe.com

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Agar Anak Lancar dan Jelas Berbicara (Tips Bila Anak Susah Bicara, Sulit Ngomong, Tidak Berkomunikasi Dengan Baik, Terlambat Bicara, Mengajar Anak Agar Pandai Ngomong Dengan Benar)


Agar Anak Lancar dan Jelas Berbicara

Bunda Yulia Ika Safitri membagikan sebuah permasalahannya di FORUM TK DAN PAUD (klik kata-kata  di  sebelah kiri  untuk join). Bunda Yulia menceritakan tentang buah hatinya yang kurang lancer dan kurang jelas dalam berbicara. Padahal usia buah hatinya sudah mencapai 3 tahun. Bunda Yulia sangat khawatir dengan keadaan buah hatinya ini. Buat anda yang memiliki buah hati dan mengalami masalah yang sama, mari ikuti tips-tips di bawah  ini.

1. Sering-sering diajak berbicara
Sering mengajak anak berbicara akan sangat  bermanfaat agar anak semakin banyak memiliki perbendaharaan kata. Semakin banyak perbandaharaan kata, maka semakin luas pula pengetahuan sang anak, karena secara otomatis anak
menjadi memiliki banyak bahan pembaicaraan. Dengan mengajak anak berbicara, maka anak juga akan terlatih kemampuan mendengarnya.  Bila kita kahabisan bahan berbicara, kita bisa mengajak anak nonton TV bersama, jalan-jalan sore bersama, makan bersama, dan melakukan banyak hal bersama, sehingga makin banyak anak melakukan aktivitas bersama, anak menjadi semakin banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang bisa menjadi  topic pembicaraan.

2. Bernyanyi dan mendongeng
Mengajak anak bernyanyi bersama, misalnya karaokean (tentunya dengan lagu anak-anak), juga bisa memacu anak untuk pintar bicara. Seperti halnya orang dewasa yang ingin pintar berbahasa Inggris, mereka juga bisa berlatih  dengan sering-sering menyanyikan lagu-lagu berbahasa  asing.
Mendongeng  juga sangat bermanfaat, karena selain bisa menambah kosakata di  dalam memori anak, kemampuan anak dalam mendengar pun juga akan terlatih.

Bunda Annisa Kurniati, seorang dosen di  Universitas Karimun, menambahkan beberapa tips untuk melatih kemampuan anak dalam berbicara. Tips-tips tersebut  antara lain:

1. Memerikasa Anak ke THT
Sebelum melangkah ke tips-tips selanjutnya, Bunda Annisa K menghimbau kepada orang tua agar memeriksakan anaknya  ke dokter THT. Tips-tips selanjutnya dikhawatirkan tidak akan membawa banyak manfaat bila ternyata permasalahannya ada pada fisik sang anak (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Bila ternyata ada masalah pada organ bicaranya, Bunda Annisa menghimbau agar anak bisa mengikuti  “speech  therapy”.  Bila  memang tidak ada masalah, maka kita bisa mengikuti tips-tips selanjutnya.

2. Ajak Anak Bicara dengan "bertele-tele". 
Setiap aktifitas yang dilakukan oleh sang anak, diusahakan sambil diucapkan. (Misalnya: “Wah, anak bunda sudah selesai mandi, sekarang keringkan badannya dengan handuk,wajahnya dulu lalu badannya,tangannya sekarang kakinya,selasai yuk..pakai baju,dll). terkadang kita ortu hanya mengucapkan seperlunya( misal :udah mandinya,pakai handuk skarang pakai baju,dll ). Akan lebih   baik bila kalimat yang diucapkan adalah kalimat yang  strukturnya baik.

3. Benarkan Jika Anak Salah Ucap
Ketika anak berbicara, akan lebih baik  bila kita  membantu membenarkan ucapannya yangg salah (semisal kata “BOLA”, anak menyebutnya dengan  “OLA” maka saat itu juga, kita harus memperrbaikinya dengan berkata,”Apa nak, BOLA? Iya ini BOLA..Bagus ya…BOLA-nya, Bentuknya bulat. Warna BOLA-nya hitam dan putih… dst)

4. Memancing Anak Bicara  Tanpa Memaksa
pancing dia untuk ikut mengucapkan kata itu kembali tanpa ia sadari, agar anak tidak merasa dipaksa .. (Misalnya: Nak, mana ya benda yang warna bulat tadi? Apa namanya? Bukan seperti ini : BOLA bukan OLA ayo coba BO- LA ..).

5.  Jangan Marah dan Merendahkan Anak
Hindari memarahi anak ketika salah atau tersendat dalam pengucapan, selain itu disarankan juga agar sang  buah hati tidak diolok-olok, apalagi ditertawakan, dan dibanding2kan, karena hal ini dapat menurunkan kepercayaan dirinya. Penurunan kepercayaan diri anak, juga bisa menambah masalah baru  lho… . Anak bisa menjadi  pendiam dan enggan bicara.

6. Motivasi  dan Pujian
Berikankan reinforcement berupa  pujian dan motivasi jika benar dalam pengucapannya .. (Wahh,anak bunda tambah pintar ya .., Suara kamu bagus sekali  nak… dll)

Nah... Untuk Lebih lengkapnya bisa dibaca juga tips  dari Kak Zepe berikut: (Biar Si Kecil Pandai Bicara) http://lagu2anak.blogspot.com/2011/02/biar-si-kecil-pandai-bicara.html 


Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

kakzepe.com

Entri Populer