Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!
Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?
Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD
Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...
Pepe, Si Anak Ayam Penakluk
Finger Alphabeth / Number
2. Finger Alphabeth / Finger Number
a). Jumlah pemain: minimal 10 siswa, minimal 2 guru (sesuai dengan jumlah kelompok).
b). Hal-hal yang bisa dipelajari
_Huruf (alphabeth) dan pengucapannya dalam bahasa Inggris.
_angka (number) dan pengucapannya dalam bahasa Inggris.
c). Usia siswa: Minimal 3 tahun.
d). Alat dan Bahan:
_Kertas Karton / Manila (1 buah karton berukuran 50 x 50 cm).
_Finger (jari)
_spidol (jumlahnya menyesuaikan)
_stopwatch (1 buah).
_Kertas / buku pencatat (jumlah kertas / buku pencatat tergantung pada jumlah kelompok).
e). Proses pembuatan perangkat
Kartu huruf
_Potonglah kertas karton dengan ukuran 4 x 4 cm sebanyak 26 buah x jumlah grup).
_Tuliskan tiap potongan kartu dengan huruf A sampai Z.
f). Cara memainkan:
1). Kumpulkan semua siswa (misalnya berjumlah 10 siswa).
2). Bagi 10 siswa tadi menjadi 2 kelompok / 2 baris (masing-masing kelompok 5 siswa, kelompok 1 dan kelompok 2).
3). Guru meminta siswa berbaris dengan arah pandang yang sama (ke depan semua).
4). Letakkan sebuah meja masing-masing 1 buah di tiap kelompok (di depan siswa yang paling depan dengan jarak minimal 3 meter).
5). Guru 1 berada di belakang siswa yang paling belakang dari kelompok 1, Guru 2 berada di siswa yang paling belakang dari kelompok 2.
6). Seorang guru membawa satu buah stopwatch, dan menentukan lamanya waktu permainan (minimal 2 menit).
7). Lets start to play:
_Tiap guru (guru 1 dan guru 2) menuliskan sebuah huruf dengan jarinya pada punggung siswa yang posisinya paling belakang (siswa 1) dari tiap kelompok (tanpa mengucapkan huruf yang ditulis).
_Siswa 1 menuliskan huruf yang sama pada punggung siswa di depannya (siswa 2).
_Setiap siswa melakukan hal yang sama pada siswa yang berada di depannya, hingga sampai pada siswa pada posisi terdepan (siswa 5).
_Siswa 5 berlari ke meja, lalu mencari dan menemukan kartu dengan huruf yang sesuai dengan yang telah dituliskan dipunggunggnya.
_Bila siswa 5 telah menemukan kartu yang sesuai atau yang benar, wajib mengucapkannya secara langsung ke arah guru dan siswa lainnya.
_Bila benar, siswa 5 segera berlari ke arah guru, dan memberikan kartunya kepada guru.
Bila salah, siswa 5 segera berlari ke arah guru tanpa membawa kartu.
_Siswa 5 (yang telah menebak kartu), berpindah pada posisi paling belakang dari kelompoknya.
_Guru menulis sebuah huruf di bagian punggung siswa 5; Siswa 5 melanjutkan menulis pada punggung siswa yang berada di depannya; dan melakukan hal yang sama seperti sebelumnya.
_Bila waktu yang ditentukan sudah habis, maka permainanpun berakhir.
_Tiap guru menjumlahkan nilai tiap siswa sesuai dengan jumlah tebakan huruf yang benar.
g). Variasi permainan: Guru bisa membuat permainan ini dengan tebakan angka dengan membuat kartu yang ada tulisan angkanya (1-100).
Persiapan Missy
Pada suatu hari ada seekor tikus yang bernama Missy. Missy sedang sibuk mengumpulkan biji-bijian untuk dikumpulkan ke dalam sarangnya. Dia mengumpulkan biji-bijian tersebut, karena sebentar lagi akan terjadi musim kemarau yang panjang. Hampir semua penghuni binatang mengetahui hal itu. Missy berharap dia akan bisa bertahan hidup bila dia mengumpulkan cadangan makanan yang banyak di dalam sarangnya.
Secara tidak sengaja, Missy bertemu dengan Birdy, seekor burung beo. Burung itu sedang bernyanyi sambil bermain. Dia terbang dari satu dahan ke dahan yang lain. Missy lalu bertanya kepada Birdy,”Sebentar lagi akan datang kemarau panjang, mengapa kamu tidak mencari makanan untuk kamu simpan sebagai cadangan makananan?”
Dengan santainya Birdy menjawab,”Tenang saja, musim kemarau masih lama. Kita masih punya banyak waktu”
Mendengar jawaban Birdy yang begitu meremehkan, Missy tidak bisa berkata apa-apa lagi. Maka Missy pun melanjutkan pekerjaannya untuk mencari biji-bijian.
Beberapa hari kemudian, tibalah saat musim kemarau. Ternyata musim kemarau datang lebih cepat dari biasanya. Birdy mulai mengumpulkan biji-bijian. Birdy mulai sulit mencari biji-bijian, karena sebagian besar biji-bijian telah dipanen oleh para petani dan sebagian yang lain telah layu.
Hari demi hari Birdy terbang ke sana kemari. Birdy semakin sulit menemukan sesuatu yang bisa dia makan. Semakin jauh Birdy terbang, semakin lemah pula tubuhnya. Akhirnya, Birdy pun mati karena kelaparan. Missy yang telah mengumpulkan banyak cadangan makanan, bisa bertahan hidup dengan cadangan makanan yang masih banyak tersisa.
The Crocodile and The Lizard
Atau klik gambar di bawah ini:
Inilah video klip aplikasi GRATIS "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. Kalau mau nonton silakan klik video di bawah ini. kalau mau download aplikasinya, silakan klik bit.ly/1VFq9kS
Mencegah Sifat Konsumtif Buah Hati
Atau klik gambar di bawah ini:
You Are a Big Boy (Kamu adalah anak dewasa)
You Are A Big Boy
HUaaaaaa,......!!!
(Buah hati anda sedang menangis)
Nyanyikan aja lagu ini!!
Pasti dia akan tersenyum!!
Coba deh,,,,
GeMpa 11 April 2012 di Indonesia Berkemungkinan Tsunami ke Simeulue 16.21 WIB Banda Aceh 16.31 WIB Siberut 16.41 WIB Padang 17.17 WIB Bengkulu 17.38 WIB Cilacap 19.05 WIB Bandar Lampung 19.13 WIB Bali 19.53 WIB Kupang 20.38 WIB Belawan 20.48 WIB
Four and Twin Card
1.Jumlah pemain: minimal 2 orang anak, maximal 6 orang anak.
Jumlah guru: 1 atau 2 (lebih baik 2).
2. Hal-hal yang bisa dipelajari:
_Angka (Number 1-5)
_Bentuk (shape)
_Warna (color)
3. Usia: minimal 3 tahun
4. Alat dan bahan:
_Gunting
_spidol
_pensil
_penghapus
5. Proses pembuatan perangkat
a. Potonglah kertas karton dengan menggunakan gunting dengan ukuran kira-kira 4 x 7 sebanyak 36 lembar.
b. Gambarlah tiap potongan kertas karton dengan menggunakan spidol hitam dengan ketentuan sbb:
_4 kartu dengan gambar 1 garis; 4 kartu dengan gambar 3 garis, 4 kartu dengan gambar 5 garis
_4 kartu dengan gambar 1 lingkaran, 4 kartu dengan gambar 3 lingkaran, 4 kartu dengan gambar 5 garis
_4 kartu dengan gambar 1 persegi, 4 kartu dengan gambar 3 persegi, dan 4 kartu dengan gambar 5 persegi
_4 kartu dengan gambar 1 bintang, 4 kartu dengan gambar 3 bintang, dan 4 kartu dengan gambar 5 bintang
c. Sehingga jumlah kartu nantinya adalah 36 buah kartu.
d. Anda akan memiliki kartu bergambar:
1). garis (line) dengan gambar berwarna hijau (green).
2). Lingkaran (circle) dengan gambar berwarna biru (blue).
3). Persegi (square) dengan gambar berwarna hijau (hijau).
4). Bintang (star) dengan gambar berwarna kuning (yellow).
6. Cara memainkan:
1). Kocoklah kartu sehingga urutan kartu menjadi acak.
2). Bagikan kepada 4 orang siswa (siswa A, B, C, dan D) sampai kartu habis.
3). Tunjuklah salah satu orang siswa untuk memulai game ini (bisa dengan hom-pim-pa).
4). Anak pertama yang ada tunjuk, anda minta untuk memeriksa kartunya.
5). Bila ada 2 buah kartu yang bergambar sama, dan jumlah yang sama, anda minta kepada siswa tersebut untuk meletakkan kartunya ke lantai, dengan mengatakan,”I have two twin cards” (misalnya: 2 buah kartu yang bergambar 5 bintang).
6). Setelah kartu diletakkan di bawah, anda minta siswa tersebut untuk membaca gambar yang ada di kartu. Misalnya gambar di kartu tadi adalah 2 buah kartu bergambar 5 bintang, ajarilah dia untuk mengucapkan, “I have 2 cards of five yellow stars.”
7). Bila dia sudah tidak memiliki 2 buah kartu yang sama (2 kartu kembar), mintalah dia untuk memilih satu buah kartu yang dia miliki (misalnya kartu bergambar 3 persegi).
8). Suruhlah siswa A untuk memilih satu orang siswa (misalnya siswa B), dan bertanya,”Do you have a card of three green square card?” (Perhatikan urutan pengucapan “three (number) green (color) square”, jangan mengucapkan “green three square card”)
9). Lalu mintalah guru 2 untuk mendampingi siswa B agar membantu memeriksa kartu yang dia miliki.
10). Bila siswa B tidak memiliki, maka giliran akan berpindah ke siswa sebelah kanannya. Anda bisa mengucapkan,”Your turn please... (silakan, sekarang giliranmu)”, atau “The next turn please (silakan, selanjutnya giliranmu).
11). Lakukan hal yang sama pada siswa selanjutnya (dimulai dengan menemukan kartu “Twin” yang dia miliki).
12) Selamat mencoba... .
7. Variasi permainan
1). Guest card
a). Jumlah pemain: minimal 2 siswa (unlimited)
b). Jumlah guru: 1
c). Cara bermain:
_letakkan setumpuk kartu (36 kartu) pada permainan “Four and Twin” di tengah siswa.
_seorang siswa diminta mengambil sebuah kartu lalu membukanya.
_Seorang guru menanyakan kepada muridnya,”What card do you have?”
_Siswa yang membuka kartu tadi diminta untuk menjawabnya (misalnya kartu yang dia buka adalah sebuah kartu dengan gambar 3 buah persegi dan warna gambar hijau). Maka siswa itu diwajibkan menjawab,”I have three green square card”.
Entri Populer
-
Anda mencari lagu anak berbahasa Indonesia, Arab, atau bahasa Inggris (English Children Songs). Atau anda mencari lagu anak yang agamis da...
-
Anda mencari lagu anak berbahasa Indonesia, Arab, atau bahasa Inggris (English Children Songs). Atau anda mencari lagu anak yang agamis d...
-
Daftar Lagu Anak Bertema Keluarga Kumpulan lagu anak tematis tentang keluarga. Sangat berguna sebagai media pengajaran tentang keluarga ...
-
Berikut ini adalah daftar nama-nama PAUD di Indonesia yang ikut berperan aktif dalam sebuah forum yang dimoderatori oleh Kak Zepe dan ...
-
Lagu-lagu ini adalah lagu-lagu anak karya Kak Zepe yang mengajarkan anak-anak tentang waktu. Waktu sendiri terdiri dari hari, bulan,...
-
Anak Susah Tidur, Apa Yang Akan Kita lakukan? Tidak hanya orang tua, anak-anak kadang juga mengalami kesulitan tid...
-
denriizkii.blogspot.com Berbagai permasalahan anak telah berhasil didiskusikan di FORUM TK DAN PAUD , sehingga berbagai permasalah...
-
blog kumpulan lagu anak lagu2anak.blogspot.com Berikut adalah sebuah liputan khusus yang disiarkan oleh sebuah stasiun TV, Berita S...
-
Daftar Lagu Anak Bertema Pendidikan Karakter Lagu - lagu di dalam daftar ini adalah lagu - lagu yang bertemakan pendidikan karakter, dan...
-
Bagi-Bagi Ide Kreatif (Lagu, APE, Kreasi, Media Pembelajaran, ) Guru PAUD di FORUM TK DAN PAUD Edisi Mei 2013 www.lazuar...