Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Memuat...

Album Lagu Anak Karya Kak Zepe, SEHAT CERDAS CERIA (Info album lagu anak-anak TK / PAUD ciptaan Kak Zepe )



Sebelum memesan, mari kenalan dulu  dengan 
album ini. Di dalam album ini terdapat  10 lagu. Dan berikut adalah sedikit info tentang ke-10 lagu tersebut.


    Bertepuk tangan adalah salah satu aktivitas yang  disukai oleh anak-anak. Selain itu, menurut  penelitian, aktivitas bertepuk tangan bisa menstimulasi kecerdasan anak lho. Selain sangat  cocok dinyanyikan sebagai gerak dan lagu, lagu ini juga bisa dipakai sebagai media pengajaran untuk pengernalan angka, baik dalam bahasa Indonesia, maupun bahasa Inggris. Salah satu baris liriknya demikian,"I clap my hands with six fingers", dan bisa dinyanyikan dalam bahasa Indonesia,"Tepuk tangan enam jari..". Menarik bukan?


     Lagu berbahasa Inggris ini juga sangat cocok dinyanyikan sebagai gerak dan lagu. Anak-anak pasti menjadi sehat dengan menyanyikan lagu ini. Lagu ini juga biasa dipakai Kak Zepe sebagai media pengajaran bahasa Inggris dengan materi pengenalan anggota tubuh (parts of body) dan kata kerja (verb). Biasanya anak-anak suka pada saat menyanyikan sebuah lirik lagu terakhir di dalam lagu ini,"And the last  I will jump jump jump...!!!" Wah... Anak-anak pun menjadi  lebih semangat belajar setelah bernyanyi lagu ini.

     "Yung...Dayung,...Dayung.. Dayung kapal ke laut." Nanyikan bagian dari lagu ini dengan penuh semangat dan pakai gerakan. Anak-anak pasti akan mengikutinya dengan penuh semangat pula. Apalagi lagu ini juga mengajak anak-anak untuk mengenal mata pencaharian nelayan. Dan lagu ini juga memberikan pesan kepada anak-anak untuk gemar bekerja keras, seperti pak nelayan.

     Materi  pelajaran metamorfosa di jaman saya dulu, bukanlah materi pelajaran yang cocok diajarkan buat  anak-anak. Tapi... dengan lagu ini, anak-anak seusia TK dan PAUD pun pasti akan menyukainya, dan tentu  saja anak-anak pun menjadi semakin mengenal dan mencintai alam semesta  ciptaan Tuhan ini. Satu lagi... menghafalkan pertumbuhan kupu-kupu tidak akan menjadi masalah lagi. Karena anak-anak bisa menyanyikan dan mendengarkannya setiap  hari, sambil belajar.Ayo nyanyikan..."Kupu-kupu bertelur, telur  jadi ulat, ulat jadi kepompong, lalu  berubah menjadi kupu-kupu... "

      Persatuan dan kesatuan adalah semangat  yang  harus dimiliki oleh generasi muda Indonesia. "Kebunku Indah" adalah lagu yang sangat  patriotis dan nasionalis, meski dikemas menggunakan sebuah perumpamaan. Coba tebak, apa hubungan antara kebun bunga yang indah dengan bangsa Indonesia ya? Temukan jawabannya  di dalam lagu ini. 

       Konon kabarnya, pelajaran berhitung  tidak cocok diajarkan kepada anak-anak seuasia TK dan PAUD. Hmm.... Bagi saya bukan masalah boleh dan tidak, namun lebih pada cara mengajarnya. Jaman sekarang banyak sekali metode kreatif yang cocok dipakai  sebagai media pengajaran berhitung bagi anak-anak. Salah satunya  adalah dengan lagu ini. Misalnyua pada lirik,"Tiga buah apel kupetik di  taman... Lima buah apel kupetik di kebun, kini aku  punya..... "  Nah... Lagu ini juga bisa divariasi sendiri lho... Misalnya menjadi,"Lima buah jeruk kupetik di taman, tiga buah jeruk lalu  aku makan. Kini aku punya... ". Selain bisa digunakan sebagai media pengajaran berhitung, lagu ini juga bisa dipakaiu sebagai media pengajaran pengenalan buah. Caranya? Gantu aja nama-nama buah yang  ada di dalam lagu ini. Gitu aja kok repot.... Next...

     "One... I raise my hand (angakt  1 jari telunjuk)... Two... when I say  "PEACE (angkat  dua jari), three, everyrhing's OK (buat  huruf O dengan jari telunjuk dan jempol anda), and Four, ..the thumb is sleeping (empat  jari terbuka, jempolnya bobok).And Five, I'm saying  GOODBYE (anda pasti tau  gerakannya)."   Eits, belum selesai...ada juga "SIX, five plus one." Silakan anda teruskan sendiri dan dengarkan lagunya.

     Lagu bertema persahabatan ini juga bisa dipakai sebagai media pengajaran pengenalan benda-benda angkasa. Meski memiliki arti  kiasan, namun lagu ini cukup mudah dipahami anak-anak. Lagu ini adalah lagu yang sangat  ceria. Saya sarankan, lagu ini dinyanyikan sambil bergandengan tangan. 

     Bagian paling  menarik dalam lagu ini adalah saat  anak-anak menyanyikan ,"Seyum ke kiri, senyum ke kanan, senyum ke depan, senyum ke belakang." Dengan lagu ini, anak-anak belajar akan sebuah kebiasaan paling "murah" namun bisa membawa kebahagiaan kepada sesama, yaitu tersenyum. Lagu ini sangat  cocok dinyanyikan di awal pelajaran, disaat  anak-anak biasanya  masih ngantuk atau  malas. Dengan lagu ini, anak-anak pasti bisa saling  mentransfer kebahagiaan lewat  seutas senyuma dan sebait lagu.

        Lagu anak ini bertemakan kesehatan. Mengajarkan anak-anak untuk rajin menggosok gigi dan mengingatkan pada anak-anak kapan mereka harus menggosok gigi. 

          Sudah tahu kan kenapa album ini berjudul SEHAT CERDAS CERIA?? Untuk mendengarkan demo lagunya, silakan klik judul-judulnya di atas. Kalau mau denger semua demonya bisa klik di SINI. Harga: Rp. 40.000,- (udah termasuk ongkir)

Mau CD lagu anak dengan harga yang  lebih  murah? Klik Aja: WWW.TOKOKAKZEPE.BLOGSPOT.COM

Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Poskan Komentar

Tulis "Email Address" Anda, klik "JOIN" dan dapatkan UPDATE (Lagu, Artikel, Posting Blog) Kak Zepe

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...