Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Memuat...

Aktivitas Yang Mencerdaskan Anak (nasihat Buat Keluarga, Tips Family, tips parenting, nasihat untuk anak-anak, Pendidikan Anak dan Orang tua)

Aktivitas  Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak


Seorang anak adalah sebuah pribadi masih mudah terbentuk. Dalam membentuk seorang anak diperlukan bantuan dari orang tua. Orang tua sangat berperan penting dalam proses ini, terutama dalam proses menderdaskan anak. Manusia memiliki lima indera yang digunakan untuk menyerap informasi dan pengetahuan dari luar. Kelima indera inilah yang harus dilatih untuk menghasilkan anak yang cerdas. Lalu bagaimana cara melatihnya?

1. Berkomunikasi
Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam proses pembelajaran anak. Dengan berkomunikasi seorang anak bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan yang baru. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak. Dengan kedekatan tersebut, maka proses “transfer ilmu” dari orang tua kepada anak pun bisa berjalan dengan baik.

2. Mengulang dan mengulang
Mendidik seorang anak memang butuh kesabaran. Mungkin seorang anak akan menanyakan hal yang sama, meskipun kita merasa pernah mengajarkannya. Namun ini adalah proses bagi seorang anak dalam menyerap pengetahuan. Kita tidak perlu dengan marah-marah mengatakan,”Lho… Kemarin kan sudah Papa kasih tahu...” Namun tetaplah menjelaskan dan menjawab apa yang ditanyakan oleh buah hati kita dengan penuh kesabaran. Dengan pengulangan akan menjadi sebuah kebiasaan. Hal ini juga bisa kita terapkan dalam pembentukan moral buah hati kita. Ajarkan anak akan pentingnya berterima kasih, dengan kita banyak mengucapkan terima kasih kepada buah hati dan kepada orang lain, terutama di depan buah hati kita.

3. Variasi gerakan
Variasi gerakan juga bisa meningkatkan kecerdasan anak. Itulah kenapa mengajak anak pergi ke taman bermain sangatlah penting. Hal ini dikarenakan buah hati kita bisa melakukan berbagai macam variasi gerakan dengan menggunakan permainan yang di taman bermain. Mulai dari bergelantungan, merangkak, bermain pasir, berlari, melompat, menanjak dan lain-lain. Hal ini tentunya juga bisa dilakukan di rumah kita sendiri, dengan bimbingan dari orang tua.

4. Bermain dan Mendengarikan Musik
Memainkan dan mendengarkan musik, selain bisa mencerdaskan anak, juga dipercaya dapat meningkatkan kepekaan anak kepada keadaan lingkungan sekitar. Hal ini sangat bermanfaat bagi kecerdasan sang anak dalam bersosialisasi. Musik yang sangat baik untuk didengarkan anak adalah musik klasik, karena musik klasik sangat lembut dan iramanya sangat indah.

5. Berolahraga
Berolahraga juga sangat penting buat anak, agar sang buah hati memiliki kekebalan dari berbagai macam penyakit. Bila belum memungkinkan, kita tidak perlu mengajak buah hati kita melakukan olah raga yang sulit, seperti bola basket dan sepak bola. Cukup dengan berjalan kaki bersama di akhir pekan. Hal ini akan sangat baik bagi kebugaran tubuh sang anak.

6. Gizi yang baik dan seimbang
Mungkin kita semua sudah tahu, menu makanan yang baik adalah makanan yang mengandung sayur, daging, dan nasi, dan ditambah susu. Supaya anak-anak tidak bosan dengan menu makanan yang kita sediakan, kita harus pandai untuk memberikan menu makanan yang bervariasi kapada buah hati kita. Bila ingin menggunakan suplemen bagi anak, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter ahli gizi, supaya aman dan baik untuk kesehatan sang anak.

7. Permainan Menyentuh dan Membau
Salah satu contoh permainan menyentuh adalah dengan memberikan anak berbagai macam bangun, lalu meminta anak menyentuh benda tersebut dan menebak benda apa yang disentuh dengan mata tertutup. Sedangkan permainan membau, bisa dilakukan dengan memberikan anak berbagai macam benda (misalnya sabun, parfum, bawang, dll), lalu meminta anak membau benda tersebut dan menebak benda apa yang dibau dengan mata tertutup. Permainan semacam ini banyak dilakukan oleh guru-guru TK untuk meningkatkan kepekaan indera peraba dan pembau anak. Tentu saja juga bertujuan untuk membuat anak menjadi lebih cerdas. Sebagai orang tua, tentu permainan ini juga tidak sulit untuk dilakukan di rumah bukan? Tentu saja, kita juga membuat variasi permainan yang lain yang berhubungan dengan melatih kepekaan indera peraba dan penciuman sang anak.

8. Menebak Warna
Permainan ini bertujuan untuk melatih indera penglihatan sang anak. Kita bisa melakukannya dengan meminta buah hati kita menebak warna benda yang ada disekitarnya, misalnya di dalam rumah. Akan lebih menarik lagi bila kita bisa membelikan buah hati kita sebuah permainan yang berwarna-warni, sehingga buah hati kita pun bisa lebih tertarik untuk belajar sambil bermain.

9. Mendongeng Buat Anak
Aktivitas mendongeng juga sangat baik. Dengan mendongeng, kita bisa mengajak anak untuk bereksplorasi dengan bermacam-macam indera. Yang pertama tentu saja indera pendengaran, karena agar sang anak tahu jalan cerita dari apa yang kita dongengkan, sang anak harus mendengarkan. Kemudian indera penglihatan. Hal ini bisa kita lakukan dengan melukiskan di atas kertas apa yang kita dongengkan, supaya anak bisa berimajinasi juga. Namun bila kita mendongeng dengan sebuah buku cerita, kita bisa memperlihatkan gambar-gambar di dalam buku cerita yang kita dongengkan tersebut. Dalam hal ini, kita juga harus pandai dalam memilih buku cerita buat anak. Tentunya adalah sebuah buku cerita yang memiliki gambar yang berwarna-warni dan menarik. Anda bisa mendapatkan bermacam-macam dongeng di sini.

10. Bernyanyi
Lagu yang baik untuk dinyanyikan oleh seorang anak tentu saja adalah lagu anak-anak. Apalagi lagu-lagu yang inspiratif dan memiliki nilai pendidikan buat anak. Anda bisa menemukannya di sini (dijamin lagu-lagunya mendidik, inspiratif, dan motivatif).
Poskan Komentar

Tulis "Email Address" Anda, klik "JOIN" dan dapatkan UPDATE (Lagu, Artikel, Posting Blog) Kak Zepe

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...