Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Loading...

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Facebook Buat Anak? Perlukah? (Facebook Untuk Anak Usia Dini)

Facebook Buat Anak? Perlukah? 
(Facebook Untuk Anak Usia Dini)

Facebook benar-benar menjamur. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Hampir tidak ada orang yang tidak mengenal apa itu facebook, tidak terkecuali buah hati kita. Banyak sekali dampak negative yang bisa mempengaruhi kejiwaan dan perilaku sang anak, namun di sisi lain banyak pula manfaat positif yang bisa didapatkan oleh sang anak melalui facebook. Lalu bagaimana kesiapan kita sebagai orang tua dalam menyikapi hal ini? Ap
akah kita dengan sak klek melarang buah hati kita untuk memanfaatkan layanan jejaring social lewat internet ini? Anak jaman sekarang tergolong cerdas. Mereka pun bisa cepat mengerti apa itu facebook dan segudang manfaatnya dari teman-teman mereka. Lantas apakah kita cukup untuk melarang, dan menutup mata mengenai hal ini?
Nonton Aplikasi GRATIS "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2" DULU YUK.... Download aplikasinya dengan klik bit.ly/1VFq9kS 



Memang tidak mudah untuk menentukan berapa usia anak yang cukup dalam memanfaatkan facebook. Tergantung pada kesiapan atau kedewasaan sang anak dalam menyikapi layanan facebook ini. Sebagai orang tua, andalah yang paling mengerti buah hati anda. Bila buah hati cukup dewasa dalam menerima berbagai informasi tentang facebook , dan anda pun sudah siap untuk membimbingnya dengan baik, saya kira semua tidak akan menjadi masalah. Maka terlepas dari berapa usia sang anak dalam mengenal facebook, saya akan memberikan tips mengenai cara memanfaatkan facebook secara efektif dan aman bagi buah hati kita.

1. Mengenal facebook dan fungsinya
Sebagai orang tua yang memiliki buah hati penggemar facebook, maka kita pun harus mengenal “Apa itu facebook?” Bila kita tidak mengenal facebook, adalah hal yang sia-sia kita menasihati buah hati kita untuk mengerti pengggunaan facebook yang efektif. Sebagai orang tua, meski pun anda merasa sudah tidak jamannya lagi, jangan pernah merasa malu atau malas untuk belajar menggunakan facebook. Karena bagaimana pun facebook banyak sekali manfaatnya. Beberapa ibu rumah tangga menggunakan facebook untuk berbisnis online atau hanya sekedar mencurahkan hati bersama sesame ibu rumah tangga. Belajarlah dari beberapa ibu rumah tangga yang sudah mengerti cara menggunakan facebook, dan pemanfaatannya untuk hal-hal yang positif. Semakin kita mengenal manfaat positif dari facebook, maka saya yakin bila segala pemikiran negatif kita tentang facebook pun akan sirna.

2. Menanamkan Pentingnya Interaksi Sosial
Supaya buah hati kita tidak berpikir bahwa interaksi sosial itu tidak penting atau facebook lebih penting daripada interaksi sosial di dunia nyata, tanamkan di hati anak akan pentingnya interaksi sosial di dunia nyata. Tanamkan di dalam hati buah hati anda bila interasi sosial di dunia nyata jauh lebih penting. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara membatasi penggunaan facebook oleh buah hati kita. Dan tentunya, dalam penggunaannya pun selalu ada di dalam pendampingan kita, sebagai oramg tua.

3. Mengurangi kebiasaan anak ber-facebook dan mengalihkan pada kegiatan lain.
Bila anda menemukan buah hati anda sudah terlanjur kecanduan facebook dan menunjukkan gejala keterikatan dengan facebook, alangkah lebih baik bagi anda untuk menasihatinya dan meminta buah hati anda untuk mengurangi kegiatannya berfacebook. Anjurkan pada buah hati anda akan pentingnya kegiatan-kegiatan yang lain, terutama kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas social. Meskipun facebook merupakan sebuah jejaring sosial, namun tidak berarti bahwa buah hati kita harus meninggalkan hubungan sosial di dunia nyata. Hubungan sosial di dunia nyata lebih penting daripada bersosialisasi dengan facebook lewat dunia maya. Sebagai orang tua, kita juga harus mengerti arti berbagi dan mengungkapkan perasaaan / uneg-uneg, dan mengadakan kontak langsung dengan orang lain dengan kontak langsung. Satu orang sahabat di dunia nyata, akan lebih bermakna daripada ratusan orang teman di facebook.

4. Mengajarkan cara Menggunakan facebook untuk hal-hal positif
Melarang anak untuk tidak menggunakan layanan facebook sama sekali, menurut saya bukan merupakan hal yang baik di era sekarang, Jadi hal yang lebih baik bagi kita, orang tua, adalah mengajarkan buah hati kita mengajarkan pemanfaatan facebook untuk hal-hal yang positif. Saya ada seorang teman yang mengajarkan buah hatinya menggunakan hal facebook untuk hal positif. Beliau memiliki seorang putra yang suka menulis lagu. Dan sang ayah mempublikasikan hasil karya lagu buah hatinya tersebut di facebook, sehingga banyak orang tau kalau buah hatinya pintar membuat lagu. Banyak pujian datang mengomentari lagu yang diciptakan oleh sang anak. Hal ini memotivasi sang anak lebih bersemangat dalam menciptakan lagu. Mungkin masih banyak hal-hal positif lain yang bisa kita ajarkan kepada buah hati kita dalam menggunakan facebook. Semua bisa kita sesuaikan dengam minat dan bakat sang buah hati.

5. Membuat jadwal penggunaan facebook bagi anak
Supaya buah hati kita tidak menggunakan fasilitas layanan internet facebook secara berlebihan, maka kita harus memulainya dengan awal yang baik. Maksud saya adalah, sebelum kita memperbolehkan buah hati kita menggunakan facebook, kita buatkan jadwal bagi buah hati kita waktu penggunaan facebook. Bila buah hati kita melanggarnya, tentu harus diberikan konsekuensi, misalnya dengan berpuasa menggunakan facebook dalam jangka waktu tertentu, mengurangi uang saku, dan lain-lain. Frekuensi atau penggunaan facebook, tergantung pada kebijaksanaan kita, karena hal ini juga berhubungan dengan kesibukan buah hati kita. Yang terpenting adalah jangan sampai kegiatan ber-facebook ini menggannggu waktu anak untuk beraktivitas (terutama yang berhubungan dengan sosialisasi) dan waktu belajar anak. Semua tergantung juga pada waktu kita, karena seperti yang sudah saya bilang bila sang anak juga masih butuh bimbingan kita.

6. Mengenal Teman-teman Di Facebook.
Sebagai orang tua, akan lebih baik bila kita mengenal teman-teman anak di facebook. Karena banyak sekali kasus-kasus kriminal yang terjadi yang berhubungan dengan penggunaan facebook (terutama untuk anak-anak di bawah umur). Bila kita mengenal teman-teman dari buah hati kita di facebook, kita pun pasti akan lebih tenang bila melihat buah hati kita menggunakan facebook. Bila perlu, kita juga rajin-rajin mengecek facebook sang anak dan mengetahui situs-situs yang baru saja dikunjungi sang anak dengan cara mengecek pada bagian history, pada salah satu fasilitas layanan computer. Untuk menambah teman-teman yang baik bagi anak di facebook, anda bisa membantu anak untuk meng-invite teman-teman facebook buah hati kita. Misalnya: teman-teman sekolah, teman-teman anak tetangga, atau hal-hal yang berhubungan dengan anak-anak. Salah satunya, kumpulan lagu anak.

Yang terpenting di sini adalah: Jangan sampai kita melarang anak bermain facebook, hanya karena kita terlalu sibuk dan tidak ada waktu untuk mengenal sisi positif facebook dan mengajarkan kebaikan facebook bagi anak. Bila kita mau mengenalkan facebook kepada sang anak, setidaknya itu akan mencegah terjadinya penyalahgunaan facebook oleh buah hati kita (secara diam-diam). Penyalahgunaan facebook terjadi karena informasi yang salah yang datang datang dari luar, kepada buah hati kita. Jadi saya tidak akan meminta anda untuk mengikuti tips-tips dari saya, karena semua akan saya kembalikan kepada anda,”Sudah siapkah anda membimbing buah hati anda dengan baik dalam mengenal facebook?”
Ditulis Oleh: Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 
Post a Comment

Entri Populer