Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Loading...

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Pentingnya Bermain dengan Bergerak Saat Belajar Bagi Anak (Memanfaatkan lagu "LISTEN AND DO" karya Kak Zepe Pencipta Lagu Anak Indonesia)






Mengapa Bermain dengan bergerak, saat belajar sangat  penting bagi anak??? Seorang pakar pendidik Amerika,  Carla Hannaford, Ph.D yang juga seorang Neuroscientist di University of Hawaii  dalam salah satu bukunya yang berjudul “Smart Moves : Why Learning Is Not All in Your Head” mengatakan “Dalam otak manusia lebih banyak receptor sentuhan yang di hasilkan gerakan tangan dan kaki dibanding anggota tubuh lainnya. Anak-anak usia dini memiliki stamina “berlebih”. Mereka lebih banyak bergerak daripada diam.  Hal ini sangat  mempengaruhi pola belajar mereka. Dalam belajar pun mereka akan cenderung lebih suka bergerak. Bahkan bila anak terlalu banyak diam, dapat memicu tingkat  stres mereka.


Oleh karena itu, sebagai orang  tua, kita harus cerdas dalam menyikapi hal ini. Larangan-larangan yang memaksa anak untuk berdiam, tentu saja bisa membawa dampak buruk bagi anak. Lain halnya bila kita bisa memanfaatkan kekuatan mereka dalam hal “banyak bergerak”. Dengan banyak bergerak dan melakukan sesuatu, anak-anak akan semakin banyak belajar dan tentu saja bisa menguatkan motorik mereka. Hal ini di dukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Wilder Penfield dan H.H Jasper tahun 1954 tentang pemetaan sensori dan gerakan motor di bagian cerebrum. Paul E. Dennison penemu Brain Gym juga mengatakan “Movement is the door to learning”. Untuk mencapai proses belajar yang optimal,  anak-anak harus bergerak sehingga terjadi pemikiran dinamis, kreatif dan meningkatkan self-awareness.

Bahkan Albert Einstein mengatakan " Learning is experience. Everything else is just information". Jadi  bisa dikatakan bermain, dan tentu saja dengan banyak bergerak, anak-anak sebenarnya sedang melakukan proses belajar mereka.Sayangnya, permainan-permainan di jaman sekarang cenderung  membuat  anak menjadi malas bergerak. Misalnya permainan-permainan mesin game, internet, dan  permainan computer.  Sebenarnya banyak sekali  permainan-permainan yangbisa memacu anak untuk bergerak, walaupun pada jaman sekarang permainan-permainan tersebut  telah banyak ditinggalkan. Misalnya, bermain ayunan, petak umpet, “go back to door”, dan permainan-permainan lainnya. 

Aktivitas-aktivitas olahraga  punbisa menjadi media belajar anak. Misalnya permaian badminton, basket, dan lainnya. Dengan menghitung skor pada saat  bermaian basket, anak-anak juga bisa  lebih mengenal macam-macam angka dan penjumlahan. Akan lebih baik lagi, bila kita bisa menuliskan skor di papan tulis. Sehingga anak bisa mengenal bentuk-bentuk angka.

Dalam hal pemilihan sekolah pun kita harus berhati-hati. Kita pilih sekolah yang lebih mengutamakan proses belajar sambil bermain. Bukan memaksa anak untuk belajar membaca dan berhitung, atau menghafalkan sesuatu dengan cara “memaksa”. Agar suasana belajar lebih menyenangkan, kehadiran lagu-lagu anak juga sangat penting. Salah satunya adalah dengan menyanyikan  laguanak karya Kak Zepe yang  berjudul “Listenand Do”. Lagu ini mengajak anak-anak untuk belajar bahasa Inggris dengan media lagu. Anak-anak akan diajak mendengarkan dan menyanyikan lagunya, sambil melakukan perintah kita. Hal yang istimewa dalam lagu ini, perintah-perintahnya diberikan dalam bentuk bentuk lagu, dan anak-anak diminta mengikuti gerakan sesuai dengan perintah kita. Misalnya ada perintah: “Touch your ears… Touch your mouth…”. Kalau penasaran dengan lagunya, silakan tonton dan dengarkan lagu di bawah ini, “LISTEN AND DO”.


 

gambar: preschooler.thebump.com

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 
Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Post a Comment

Entri Populer