Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Loading...

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Kumpulan Aktivitas Tepuk Tangan Yang Mencerdaskan (Stimulan Kecerdasan Dengan Kegiatan, Game / Permainan dan Lagu Bertepuk Tangan) By Kak Zepe



cyh.com
Tepuk tangan adalah salah satu aktivitas yang disukai anak-anak. Bukan hanya  karena dengan bertepuk  tangan anak-anak bisa memunculkan suara “plok” yang unik dan fun, namun ternyata aktivitas ini bisa menstimulasi kecerdasan anak.

Di dalam artikel ini, saya akan memberikan kepada anda beberapa aktivitas atau permaian yang bisa dipakai sebagai media pembelajaran dan stimulant kecerdasan anak. Yang pasti, aktivitas ini akan sangat berguna bagi pendidik anak usia dini dan orang tua.

1. Aktivitas bernyanyi dan bertepuk tangan
Aktivitas ini bisa dilakukan dengan sebuah lagu yang berjudul I CLAP MY HANDS. Liriknya seperti  ini:

I CLAP MY HANDS WITH TWO FINGERS
I CLAP MY HANDS WITH FOUR FINGERS
I CLAP MY HANDS WITH SIX FINGERS
AND I CAN HEAR THE SOUNDS ARE LOUDER AND LOUDER
I CLAP MY HANDS WITH SIX FINGERS
I CLAP  MY HANDS WITH EIGHT FINGERS
I CLAP MY HANDS WITH TEN FINGERS
AND I CAN HEAR  THE LOUDEST  SOUNDS.

Lagu ini bisa dinyanyikan dalam versi bahasa Indonesia. Bila anda mau mendengarkan bisa klik di SINI.


Nonton Aplikasi GRATIS "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2" DULU YUK.... Download aplikasinya dengan klik bit.ly/1VFq9kS 


Variasi dari lagu tidak hanya  dari sisi dua bahasanya saja, melainkan juga dari gerakannya. Anda bisa mengajak sang buah hati untuk menggerakkan kaki mereka sembari menyanyikan lagu ini, layaknya  orang sedang berbaris.

2. Tepuk Suku Kata
Jenis tepuk ini bisa digunakan dalam mengajar bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.
Dalam bahasa Inggris saya biasa menggunakan aktivitas ini untuk memperkenalkan kepada anak didik saya kata-kata baru sesuai dengan jumlah suku kata. Cara pengajarannya  demikian:
A. Tuliskan beberapa kata yang memiliki  2 suku kata di papan tulis. Misalnya: buku, baki, sapu, pintu, dll.
B. Mintalah anak untuk bertepuk tangan dua kali saat kita  mengucapkan kata, satu kali tepuk tangan untuk tiap suku kata.
Misalnya: BU    –   KU
(plok) – (plok)
C. Anda bisa memvariasi  aktivitas ini dengan menuliskan / memilih kata-kata dengan suka jumlah suku kata yang berbeda-beda.

3. Tepuk Penjumlahan
Jenis tepuk  ini bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bertepuk tangan dengan jumlah jari  kanan dan kiri sesuai permintaan kita. Contohnya adalah dengan mengatakan,”Tepuk tangan satu jari  ditambah tiga jari.” Dan anak-anak akan bertepuk tangan dengan satu jari kanan dan tiga jari kiri.


4. Tepuk Domikado
Jenis tepuk ini sidah sangat  populer dimainkan oleh anak-anak pada tahun 90an (termasuk saya). Mungkin dulu orang belum pernah berpikir tentang manfaatnya. Hal ini hanya  dilakukan untuk kesenangan anak-anak semata. Setelah kita mengenal manfaatnya, tidak ada salahnya  jenis tepuk ini kita  masukkan sebagai media stimulant kecerdasan anak. Demikian liriknya:

Domikado Mikado eska eskado eskado deadeo…. Cis cis…
One two three FOUR… (jumlah angka akhir bisa disesuaikan)

Bila anda belum kenal lagu ini, saya  akan memberikan penjelasannya:
A. Mintalah anak untuk membuat lingkaran.
B. Mintalah anak untuk  bergandengan tangan, namun tanpa saling menggenggam tangan, dan posisi telapak tangan ada di atas. Telapak  tangan kanan berada di atas telapak tangan kiri  temannya yang lain.
C. Lalu  mintalah anak untuk bernyanyi. Saat  bernyanyi anak-anak saling menepuk telapak tangan kanan masing2 anak secara bergantian. (satu  suku kata, satu kali tepukan).
D. Lagu akan berakhir  saat  kata (FOUR atau  angka lain yang telah disepakati).

Dengan lagu ini, secara tidak langsung anak juga akan belajar mengenal angka dalam bahasa inggris. Selamat mencoba!!

5. Tepuk Posisi  dan Angka
Jenis tepuk ini adalah tepuk tangan yang dilakukan sebagai media pembelajaran angka dan    posisi. Caranya sangat mudah. Kita  cukup mengatakan,”Tepuk atas tiga kali!! Dan anak-anak melakukannya dengan bertepuk  tangan dengan posisi di  atas kepala sebanyak tiga kali.  Posisi tepuk tangang  biasanya ada 4, yaitu…
A. Tepuk  atas……  kali
B. Tepuk kiri…. Kali
C. Tepuk  bawah… kali
D. Tepuk kanan… kali
(titik-titik bisa  diisi dengan angka  yang  bervariasi).
 Selain itu, tepuk ini juga  bisa  dilakukan dengan mengubah  posisinya menjadi  arah mata angin. Contohnya adalah dengan mengatakan,”Tepuk utara  lima kali”. Dengan tepuk  tangan jenis ini,  
 kita juga telah melatih kemampuan motorik  dan kecepatan berpikir mereka.

6. Tepuk tubuh
Jenis  tepuk yang sudah populer dari “tepuk tubuh” adalah sajak atau lagu,”Kepala Pundak Lutut Kaki”. Namun jenis tepuk ini bisa divariasi  dengan sebuah perintah (bukan sajak / lagu). Yaitu dengan mengatakan,”Tepuk pipi lima kali… Tepuk pundak sepuluh kali…. Tepuk pinggang enam kali… Tepuk lutut  tiga kali”.

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Post a Comment

Entri Populer