2. Finger Alphabeth / Finger Number
a). Jumlah pemain: minimal 10 siswa, minimal 2 guru (sesuai dengan jumlah kelompok).
b). Hal-hal yang bisa dipelajari
_Huruf (alphabeth) dan pengucapannya dalam bahasa Inggris.
_angka (number) dan pengucapannya dalam bahasa Inggris.
c). Usia siswa: Minimal 3 tahun.
d). Alat dan Bahan:
_Kertas Karton / Manila (1 buah karton berukuran 50 x 50 cm).
_Finger (jari)
_spidol (jumlahnya menyesuaikan)
_stopwatch (1 buah).
_Kertas / buku pencatat (jumlah kertas / buku pencatat tergantung pada jumlah kelompok).
e). Proses pembuatan perangkat
Kartu huruf
_Potonglah kertas karton dengan ukuran 4 x 4 cm sebanyak 26 buah x jumlah grup).
_Tuliskan tiap potongan kartu dengan huruf A sampai Z.
f). Cara memainkan:
1). Kumpulkan semua siswa (misalnya berjumlah 10 siswa).
2). Bagi 10 siswa tadi menjadi 2 kelompok / 2 baris (masing-masing kelompok 5 siswa, kelompok 1 dan kelompok 2).
3). Guru meminta siswa berbaris dengan arah pandang yang sama (ke depan semua).
4). Letakkan sebuah meja masing-masing 1 buah di tiap kelompok (di depan siswa yang paling depan dengan jarak minimal 3 meter).
5). Guru 1 berada di belakang siswa yang paling belakang dari kelompok 1, Guru 2 berada di siswa yang paling belakang dari kelompok 2.
6). Seorang guru membawa satu buah stopwatch, dan menentukan lamanya waktu permainan (minimal 2 menit).
7). Lets start to play:
_Tiap guru (guru 1 dan guru 2) menuliskan sebuah huruf dengan jarinya pada punggung siswa yang posisinya paling belakang (siswa 1) dari tiap kelompok (tanpa mengucapkan huruf yang ditulis).
_Siswa 1 menuliskan huruf yang sama pada punggung siswa di depannya (siswa 2).
_Setiap siswa melakukan hal yang sama pada siswa yang berada di depannya, hingga sampai pada siswa pada posisi terdepan (siswa 5).
_Siswa 5 berlari ke meja, lalu mencari dan menemukan kartu dengan huruf yang sesuai dengan yang telah dituliskan dipunggunggnya.
_Bila siswa 5 telah menemukan kartu yang sesuai atau yang benar, wajib mengucapkannya secara langsung ke arah guru dan siswa lainnya.
_Bila benar, siswa 5 segera berlari ke arah guru, dan memberikan kartunya kepada guru.
Bila salah, siswa 5 segera berlari ke arah guru tanpa membawa kartu.
_Siswa 5 (yang telah menebak kartu), berpindah pada posisi paling belakang dari kelompoknya.
_Guru menulis sebuah huruf di bagian punggung siswa 5; Siswa 5 melanjutkan menulis pada punggung siswa yang berada di depannya; dan melakukan hal yang sama seperti sebelumnya.
_Bila waktu yang ditentukan sudah habis, maka permainanpun berakhir.
_Tiap guru menjumlahkan nilai tiap siswa sesuai dengan jumlah tebakan huruf yang benar.
g). Variasi permainan: Guru bisa membuat permainan ini dengan tebakan angka dengan membuat kartu yang ada tulisan angkanya (1-100).
No comments:
Post a Comment