Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Loading...

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Bahasa Dalam LaGu Anak - (Tips Mencipta Lagu Anak-ANak Oleh Kak Zepe)





Pentingnya Memperhatikan Unsur Bahasa dalam
Penulisan Lirik Lagu Anak

Penggunaan bahasa yang tepat dan indah, sangat  penting  di dalam lagu anak.  Oleh karenya, pemahaman kosa  kata-kosa kata yang sering dan tidak asing digunakan oleh anak-anak sangatlah penting. Kosakata-kosakata yang  sering digunakan anak-anak biasanya  sangat  dipahami oleh para  pendidik TK dan PAUD atau orang tua. Bila anda belum pernah menjadi pendidik anak, sebaiknya ada mencoba untuk  lebih dekat  dengan anak-anak, misalnya dengan magang  di sebuah TK atau PAUD terdekat dari rumah anda.



 Unsur bahasa di dalam lagu anak, erat  hubungannya dengan penulisan lirik. Lirik lagu anak haruslah sederhana, tanpa meninggalkan kedalaman maknanya. Kedalaman makna ini juga  berhubungan erat  dengan manfaat.

Sebagai contoh  sebuah lagu anak karya Kak Zepe yang berjudul “Saatnya Mendengarkan”. Lagu ini bermanfaat  sebagai media  "penenang" anak  yang  sedang  gaduh dan ramai di kelas. Seperti halnya menasihati anak, bahasa yang  digunakan di dalam lagu ini adalah kata-kata yang bersifat  mengajak, bukan menyuruh.  Berikut  ini adalah lirik lagunya:

Hai kawan, kini saatnya  tuk  mendengarkan
Hai kawan, kini saatnya memperhatikan
Tangan lipat yang baik, pandangan lurus ke depan.

Lirik lagu di atas terdiri dari  tiga kalimat yang pendek. Padahal, mulanya lagu “Saatnya  Mendengarkan” sebenarnya  memiliki lirik asli sebagai berikut  ini:

Hai kawan… Sekarang  adalah saat  untuk mendengarkan bapak ibu guru.
Hai kawan… Sekarang  adalah saat untuk memperhatikan bapak ibu guru.
Mari kita lipat tangan kita dan duduk yang baik.
Mari arahkan pandangan kita ke depan kelas.

Dengan mengurangi  beberapa kata pada lirik aslinya,  lagu “Saatnya  Mendengarkan” pada  akhirnya  berubah menjadi  sebuah lagu yang sangat  sederhana. Selain itu, Kak Zepe juga tidak meninggalkan unsur keindahan di dalam liriknya, yaitu mencoba mempertahankan sajak “a-a-a”.

Dengan sajak yang  teratur, maka sebuah lagu anak juga akan cenderung lebih mudah untuk dinyanyikan.  Jadi bila anda  ingin membuat  sebuah lirik lagu anak, cobalah memperhatikan penggunaan bahasanya, sehingga  lirik lagu yang anda ciptakan akan sederhana namun tetap indah dan bermanfaat.


Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Post a Comment

Entri Populer