Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Loading...

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Awal Kepedulian pada Lagu Anak - Kak Zepe, Dimuat di kesekolah.com



Awal Kepedulian pada Lagu Anak







Saat pertama kali mengajar anak-anak TK, saya melihat seorang guru musik mengajar sebuah lagu anak. Lagu tersebut berjudul "Naik Kereta Api". Pada saat menyanyikan lagu "Naik Kereta Api", anak-anak terlihat sangat gembira. Saya melihat anak-anak berbaris seakan membentuk sebuah kereta yang panjang bersama teman-teman mereka. Anak-anak menjadi lebih akrab satu sama lain karena lagu ini. Dengan bahasa yang lebih keren, kecerdasan sosial anak bisa menjadi terlatih berkat lagu "Naik Kereta Api".

[Awal Kepedulian pada Lagu Anak - pinterest.com] Setelah itu, mereka menyanyikan lagu anak yang lain, misalnya "Burung Kakak Tua", "Cicak", dan "Hujan". Lho... bukannya lagu-lagu yang dinyanyikan itu adalah lagu anak yang juga dinyanyikan di zaman saya dulu? Karena semua lagu-lagu anak yang diajarkan oleh sang guru adalah lagu-lagu anak yang biasa saya nyanyikan pada saat saya masih duduk di bangku TK. Lhadalah.... Lho kok tidak ada perubahan? Emang tidak ada lagu-lagu anak yang baru untuk dinyanyikan di TK?


Lalu saya juga teringat akan beberapa judul lagu-lagu anak yang saya gemari di saat saya masih Sekolah Dasar, kira-kira tahun 90-an. Lagu-lagu pada jaman saya SD tersebut memang sangat keren. Penyanyinya terkenal, aransemennya oke, video klikpnya menarik, apalagi lagunya. Saya pribadi hingga saat ini masih lumayan hafal lagu-lagu anak era 90-an tersebut. Beberapa artis cilik pada jaman saya masih SD tersebut hingga saat ini pun masih cukup terkenal, meski sudah tidak menyanyikan lagu-lagu anak lagi. Namun mengapa lagu-lagu anak di era 90-an tersebut sudah tidak terdengar lagi (mungkin hanya terdengar saat ada tukang odong-odong lewat).

Di situlah awal keprihatinan saya. Keprihatinan terhadap realita musik anak di negara kita. yang sekaligus membuat saya menemukan sebuah jawaban. Sebuah jawaban tentang sebuah pertanyaan yang banyak diajukan oleh beberapa insan dan pihak yang merindukan kebangkitan lagu-lagu anak. Dua kata kunci jawaban dari pertanyaan tersebut adalah "pendidikan" dan "kesederhanaan. Kesederhanaan lagu anak membuat anak-anak lebih mudah mempelajari, menyanyikan, dan menghafalkannya. Sedangkan unsur pendidikan di dalam lagu anak membuat anak-anak mendapatkan suatu nilai dan pengetahuan yang bisa berguna bagi pendidikan anak, sehingga nantinya juga bisa digunakan oleh para pendidik anak bangsa, termasuk orang tua, untuk mendidik siswa-siswi dan anak-anaknya.

Kesederhanaan dan nilai pendidikan telah membuat banyak lagu-lagu anak menjadi abadi, sehingga masih sering dinyanyikan hingga sekarang, terutama di dalam dunia pendidikan, seperti halnya lagu-lagu Bapak Alm. AT Mahmud. Kesederhanaan dan nilai pendidikan yang telah membuat saya seorang seniman dan guru, tertarik menjadi pendidik anak dan seniman lagu anak.



Lalu mungkinkah lagu anak bangkit seperti sedia kala dimana sebagian besar orang pada jaman sekarang lebih menyukai band, boyband, girlband, penyanyi yang menyanyikan lagu dewasa dan bertema cinta-cintaan? Jawabannya adalah,"YA". Meskipun tidak mudah. Tingkah laku seorang anak akan selalu mengikuti tingkah laku orang dewasa. Melihat kenyataan bahwa saat ini sebagian besar orang menyukai lagu-lagu dewasa, maka jalan yang terbaik adalah merubah diri kita sendiri.

Dan oleh karena itulah saya juga akan terus berjuang demi bangkitnya musik anak. Bagimu Indonesia, bagimu anak-anak Indonesia, aku dedikasikan segala apa yang "titipan-Nya" akan ku tumbuh-kembangkan dan segala buahnya aku kembalikan melalui karya cipta lagu-lagu anak.

Tidak hanya guru dan tokoh-tokoh tertentu yang dikenal sebagai pendidik dan pemerhati anak. Orang tua adalah pendidik dan pemerhati anak juga. Dan kita semua tentu akan menjadi orang tua bukan? Maka lewat artikel ini, saya ingin mengajak semua orang (artis, pencipta lagu, produser musik, guru, orang tua, orang muda, anak-anak) marilah kita semua bersinergi membangkitkan lagu anak dan menjadi teladan pecinta lagu anak, demi generasi muda yang mencintai lagu-lagu anak, demi bangkitnya musik anak, dan demi kemajuan pendidikan di Indonesia.
 


Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Post a Comment

Entri Populer