Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Memuat...

Arti / Makna Logo PAUD (Makna Simbol PAUD - Artikel Pendidikan Anak Usia Dini)

Di sekolah-sekolah PAUD, mungkin kita pernah dan bahkan sering melihat logo PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Logo tersebut berwarna biru, dan kadang berwarna kuning, bergambar orang tua sedang menuntun dua anak. Namun tahukah anda makna yang terkandung di dalam logo tersebut. Anda sebagai pendidik PAUD, tentu harus mengerti tentang makna yang terkandung di dalam logo tersebut, karena di dalam logo tersebut terkandung visi dan misi berdirinya PAUD itu sendiri. Semoga dengan semakin mengerti arti logo tersebut, anda bisa menunaikan kewajiban anda sebagai pendidik PAUD dengan penuh tanggung jawab, suka cita, dan kasih sayang.



Arti logo:
1. Gambar Segi Lima
Lambang lima sila (pancasila) sebagai landasan dasar sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2. Orang Tua Menuntun Anak
Lambang Dwi Fungsi Tunggal orang tua yang mengayomi anak dengan memberi kebebasan , namun tetap dalam tuntunan orang tua (Tut Wuri Handayani).
3. Dua Anak
Lambang kemitrasejajaran anak laki-laki dan perempuan memperoleh asuhan tumbuh kembang yang optimal.
4. Bulat di Perut
Lambang peran orang tua turut menentukan masa depan anak sedini mungkin Sejas dalam kandungan.
5. Tiga Buku
Artinya
a. Melambangkan aspek keimanan, moral, dan emocional anak.
b. Melambangkan unsur: kesehatan, Gizi, pendidikan sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam menentukan kualitas anak.
c. Melambangkan usia anak intelegasi, pertumbuhan dan perkembangan anak dalam periode iritis: 0-1 tahun, 2-3 tahun, dan 4-6 tahun.

Setelah anda mengerti arti yang terkandung di dalam logo tersebut, bagaimana pendapat anda? Lewat logo tersebut, Anda diajak untuk tidak hanya menjadi pendidik saja, melainkan juga sebagai orang tua anak didik anda. Tentu saja tugas anda tidak hanya mentransfer ilmu, melainkan juga mengasuh mereka seperti anak kita sendiri. Sehingga tercapailah apa yang menjadi misi PAUD di dalam semboyannya, yaitu menjadikan anak bangsa yang SEHAT (lahir batin) CERDAS (berpikir dan bertindak) dan CERIA (saat belajar dan dan dalam kehidupan sehari-hari). Sudahkah anda menunaikan tugas anda sebagai pendidik anak bangsa dengan baik? Mari kita introspeksi bersama.

Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Poskan Komentar

Tulis "Email Address" Anda, klik "JOIN" dan dapatkan UPDATE (Lagu, Artikel, Posting Blog) Kak Zepe

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...