Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan E-mail anda (atau teman anda) buat berlangganan artikel, lagu, dan dongeng anak blog ini.

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

Loading...

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Tips Mencegah Penculikan Di Sekolah (TK dan PAUD) - (Cara meningkatkan keamanan dan mecegah terjadinya kasus pnculikan anak usia dini) - By Kak Zepe



mayorofconcord.com
Tips Menghindari Penculikan Di Sekolah

Akhir-akhir ini tindak kriminal semakin merajalela. Para pelaku tindak kejahatan tidak peduli siapa lagi korbannya. Benar kata Bang Napi, “Kejahatan tidak hanya terjadi karena niat pelakunya, melainkan juga karena ada KESEMPATAN.” Dan  masih ingatkah anda tentang  isu di awal tahun 2011, akan adanya kasus penculikan anak yang kemudian diambil organ-orang tubuhnya?  Antara benar atau  tidaknya  isu-isu tersebut, sebagai orang tua, tentu kita tidak ingin buah hati kita menjadi salah satu korban tindak kejahatan. Salah satu yang paling rentan terjadi pada anak-anak adalah tindak kejahatan penculikan. Salah satu sasaran empuk yang sering menjadi incaran para pelaku penculikan adalah sekolah. Sebelum mereka memilih target, tentu saja mereka sudah terlebih dahulu mempelajari tingkat keamanan sekolah. 
Bila seorang pelaku penculikan tahu kalau ada sebuah sekolah yang tingkat keamanannya sangat lemah, tentu saja itu bisa menjadi sasaran empuk. Maka sebelum semua itu terjadi, saya akan memberikan beberapa tips supaya sekolah kita selalu aman dari segala bentuk tindak kejahatan yang berhubungan dengan kasus penculikan anak.

1. Komunikasi
Sistem keamanan seperti ini tidak hanya merupakan tugas dari pihak satpam, sekuriti, ataupun petugas keamanan lainnya. Sistem keamanan yang baik sangat membutuhkan partisipasi dari  segenap aparatur sekolah. Mulai dari orang  tua, guru, siswa, dan pihak petugas keamanan. Komunikasi antara keempat  komponen sekolah harus terjalin dengan baik. Semua  warga sekolah harus saling mengenal satu sama lain, terutama pihak keamanan, mereka harus mengenal setiap penghuni sekolah dengan baik. Minimal mereka mengenal  wajah masing-masih siswa.


Nonton Aplikasi GRATIS "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2" DULU YUK.... Download aplikasinya dengan klik bit.ly/1VFq9kS 


2. Kartu Pengenal
Pihak sekolah wajib (terutama sekolah-sekolah yang besar dan memiliki jumlah siswa yang banyak) menyediakan kartu pengenal. Kartu pengenal ini berfungsi sebagai kartu pengenal bagi setiap warga sekolah. Bagi tamu  yang hendak memasuki sekolah pun, setelah diwawancarai  secara singkat oleh pihak keamanan, wajib diberikan kartu  pengenal sebagai “tamu”. Tentu saja pihak keamanan yang berada di dalam sekolah pun harus cermat, bila ada orang asing yang memasuki area sekolah. Pastikan orang tersebut  sudah mengenakan kartu pengenal sebagai “tamu”. Selain itu, pihak sekolah juga  wajib menyediakan kartu kemputan. Sehingga siapa pun orang yang  menjemput, pihak sekolah tidak perlu  menaruh curiga bila orang yang menjemput  membawa kartu jemputan yang akan ditunjukkan saat  anak akan “diambil”.

3. Himbauan dari sekolah pada orang tua
Himbauan dari sekolah ini juga sangat penting, dan wajib dipatuhi oleh orang tua. Sekolah wajib mengetahui  alamat  rumah dan telepon orang tua yang biasanya didapatkan saat anak mendaftar di sekolah. Bila perlu pastikan sekolah menghimbau pada orang tua untuk memasukkan kartu nama atau  catatan kecil  yang bertuliskan telepon orang tua dan alamat rumah, suapaya  bila ada halangan dalam hal penjemputan pihak sekolah bisa dengan cepat  menghubungi orang tua atau mengantar anak pulang ke rumah. Pihak sekolah juga menghimbau kepada orang tua, bila ada orang lain (bukan orang tua, sopir, dan orang yang biasa menjemput) yang akan menjemput sang anak, untuk segera memberikan informasi  kepada sekolah secepatnya. Supaya pihak sekolah juga tidak khawatir atau curiga bila ada orang asing yang menjemputnya.  Jadi kalau menurut saya, kalau orang yang biasa menjemput  berhalangan, pihak orang tua wajib memberikan informasi kepada pihak sekolah saat  anak diantar ke sekolah. Pihak sekolah pun wajib menghimbau  kepada penjemput untuk tiba sebelum jam sekolah usai. Sehingga pengawasan dari guru ataupun pihak keamanan bisa lebih mudah. Karena ada beberapa kasus, jam sekolah usai pukul dua belas siang, namun anak dijemput  di atas jam dua sore. Tentu saja hal ini sangat merepotkan pihak sekolah.

4. Himbauan dari  sekolah kepada anak
Pihak sekolah menghimbau kepada tiap  anak untuk berpamitan kepada wali kelas bila mereka telah dijemput. Pihak orang tua pun wajib mengingatkan anaknya, supaya anaknya terbiasa untuk berpamitan kepada gurunya saat mereka akan pulang. Pihak sekolah juga wajib selalu  mengingatkan kepada anak didik, terutama sesaat sebelum pulang, untuk tidak boleh ikut  pada orang asing meski diiming-imingi barang atau makanan yang menarik, dan mengingatkan peraturan sekolah dalam hal jemputan (seperti yang sudah saya paparkan pada poin-poin yang lain). Karena anak-anak sering  lupa akan hal  ini,  dan kadang harus diingatkan secara rutin dan intens.

5. Wali  kelas mengantar anaknya  sampai ke pintu keluar
Hal ini  mungkin sangat  sepele, namun sangat  penting . Bila wali  kelas selalu setia menyertai anak-anak didiknya sampai  ke pintu keluar, dia bisa mengecek  siapa saja yang belum dijemput dan menasihatinya supaya menunggu di  ruang  tunggu dan memberikan himbauan-himbauan yang lain (seperti yang sudah ditulis di poin yang lain).

6. Pihak sekolah menyediakan ruang tunggu.
Pihak sekolah wajib menyediakan ruang tunggu bagi siswa yang belum dijemput. Ruang ini bisa berupa tempat  bermain ataupun perpustakaan. Sehingga anak yang belum dijemput tidak keluyuran nggak jelas, melainkan bisa memanfaatkan waktu di tempat  yang aman untuk belajar.

7. Fasilitas Jemputan
Fasilitas jemputan ini sangat penting untuk disediakan dari pihak sekolah. Mengapa? Karena kadang tidak ada orang tua yang tidak ada waktu  dan biaya (untuk bayar sopir pribdi dan membeli kendaraan sendiri)  untuk menjemput buah hatinya,  dan fasilitas jemputan dari  sekolah inilah jawabannya. Fasilitas ini tentu juga  bisa menjadi daya  tarik  buat  orang tua untuk  menyekolahkan anaknya  di sekolah  tersebut.

Bila sekolah  anda memperhatikan semua poin di atas, tentu akan sangat  baik.  Tapi tentu saja semua kembali pada pihak sekolah sendiri untuk menentukan kebijakan. Karena setiap sekolah tentu memiliki kebijakan yang berbeda-beda, mengingat perbedaan ukuran gedung, fasilitas, kemampuan financial, jumlah  siswa, dan beberapa faktor yang lain. Bagaimana dengan sekolah anda?? Semoga sekolah anda selalu menjadi sekolah yang nyaman dan aman untuk anak-anak didiknya.

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 


Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Post a Comment

Entri Populer