Kalau mau download aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE di Playstore silakan klik APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 1, dan APLIKASI LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2

Masukkan Kata Kunci Jenis/Judul Artikel/Lagu Yang Anda Cari, lalu klik SEARCH!

kakzepe.com

Penasaran dengan aplikasi terbaru Kak Zepe berjudul "LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2"?

Tonton Videonya dengan KLik --> yuk Nonton Video Klip Aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE VOL 2. + TEpuk Edukatif Untuk TK DAN PAUD

Yuk nonton video klip Aplikasi GRATIS  "LAGU ANAK KAK ZEPE vol 2" , dengan klik gambar di bawah ini. Kalau mau download aplika...

Aktifkan Akun FACEBOOK anda, lalu klik gambar di bawah untuk belanja Buku Pendidikan Anak dan PAUD

Metode Mengajar Membaca dengan lagu PAPA SAYA LAPAR dan variasinya (Review Lagu-lagu Anak Karya Kak Zepe)


Metode Mengajar Membaca 
dengan lagu PAPA SAYA LAPAR (Review Lagu-lagu Anak Karya Kak Zepe)

Sebelum kita mebahas lebih dalam tentang lagu ini, mari kita perhatikan dan baca seksama liriknya sebagai berikut.
Papa saya lapar
Papa saya lapar
Papa saya lapar
Dan “a” diganti “o”….


Liriknya dan nadanya sangat sederhana dan kocak. Namun itulah yang namanya lagu-lagu anak. Dua nilai plus disamping manfaatnya dari lagu anak PAPA SAYA LAPAR ini adalah kekocakan dan kesederhanaanya. Nah, sekarang mari kita bahas lebih lanjut tentang manfaat dari lagu anak ini. Dari judul artikel ini, tentu kita sudah tahu bahwa manfaat dari lagu ini adalah sebagai metode mengajar membaca atau sebagai metode belajar membaca teruntuk anak-anak.

Nah... melalui artikel ini, saya akan memberikan variasi-variasi yang terdapat dalam lagu ini. variasi ini akan sangat berguna untuk mengembangkan materi dan agar anak tidak merasa bosan dengan lagu ini. Saya membaginya menjadi 3 variasi, variasi tersebut adalah:


Variasi 1
Melalui lirik “Dan ‘a’ diganti ‘o’”, kita bisa mengajarkan anak membaca, terutama dalam mengajarkan huruf vocal, dan hubungan huruf vocal dengan huruf konsonan. Kita bisa merubah huruf vocal lagu di atas dengan mengganti lirik “dan … menjadi … .” Titik-titik di samping bisa diisi dengan huruf vocal lainnya. Misalnya A, I, U, E, O. Variasi 1 ini sangat jelas kita dengarkan di dalam lagu.

Variasi 2
Varisasi kedua adalah dengan mengganti sebuah huruf vocal dengan dua huruf vocal di dalam lirik “dan … menjadi … .” Misalnya
Papa saya lapar
Papa saya lapar
Papa saya lapar 
Dan “a” diganti “ao”….
Paopao saoyao laopaor
Paopao saoyao laopaor
Paopao saoyao laopaor
Dan ao diganti ai.

Variasi 3
Bila anak mulai bosan dengan lirik,”Papa Saya Lapar”, anda bisa merubah dengan lirik lainya. Syarat dari variasi liriknya adalah:
1. Satu baris terdiri dari 3 kata.
2. Setiap kata memiliki 2 suku kata.
3. Huruf vocal yang berada di setiap kata (dalam 3 kata) harus sama.
4. Misal:
 Mama sayang saya
Buku Buku Lucu
Sayang mama papa

Sebagai tambahan, akan lebih bagus lagi kalau sebelum mengajarkan lagu ini, kita menuliskan liriknya di buku atau di papan tulis, supaya anak bisa terbantu juga dalam menghafalkan bentuk-bentuk huruf.

Sebagai orang dewasa tentu kita akan berpendapat lagu ini nggak keren. Namun sekali lagi, lagu anak yang satu ini bukan masalah keren atau tidaknya, namun yang terpenting adalah manfaatnya. Coba praktekkan kepada buah hati atau anak didik anda, pasti  bermanfaat untuk membantu ketrampilan membaca anak.
Untuk mendengarkan lagunya, anda bisa klik di SINI.


Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:
 Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

No comments:

kakzepe.com

Entri Populer